Tuesday, September 11, 2012

Lumus PD - 18 - 2




Melihat ukuran gadget yang akhir-akhir ini jadi makin kecil, ide untuk mewujudkan layar portabel yang dapat dibawa kemana pun nampaknya semakin dekat kenyataan. Perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang lebih unggul, agar bisa menarik hati para konsumennya.

Lumus merupakan perusahaan teknologi asal Israel, yang khusus mengembangkan teknologi optik yang mereka sebut sebagai Light-guide Optical Element dan  mengkhusukan diri pada teknologi visual canggih, menunjukkan perangkat bernama PD-18-2. Seperti dilansir Dailymail, Sabtu (14/1/2012), perangkat berbentuk kacamata itu terlihat rumit, namun membuat penggunanya bisa melihat gambar berkualitas tinggi sambil berjalan.

Sekilas, kacamata canggih tersebut tampak tidak memiliki keistimewaan sama sekali. Namun, siapa mengira jika Lumus PD-18-2 akan membuat penggunanya bisa melihat gambar berkualitas tinggi, di saat mereka sedang berjalan. Lebih seru lagi, kacamata ini bisa digunakan untuk menonton film dan televisi secara mobile, membaca email, atau bermain video game.

Produk seperti ini sudah tersedia di pasar untuk penggunaan profesional dan militer, namun berbeda dengan PD-18-2 tersebut yang memungkinkan gambar yang ditampilkan tidak menghalangi pandangan pemakainya.

Kemajuan ilmu teknologi yang dikembangkan dengan percobaan, selalu diterapkan untuk memperoleh produk yang dapat memudahkan pekerjaan penggunanya. Seperti kacamata Lumus PD-18-2,  tertanam layar mikro yang dapat mengakses gambar berdasarkan perintah proyeksi mata, untuk menciptakan citra visual yang besar dengan resolusi SVGA.
Visual yang ditampilkan oleh Lumus PD-18-2 dapat berupa gambar utuh atau grafik. Kacamata ini dirancang untuk para pekerja profesional seperti pilot, ahli bedah, dan tentara. Namun, perusahaan masih melakukan pengembangan agar produk ini bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Menurut pihak perusahaan Lumus, Dr Eli Glikman, produk PD-18-2 ini merupakan pengembangan lanjutan atas produk PD-18-1. Produk pertama yang sudah sukses dipasarkan untuk pasukan penerbang, tentara, dan aplikasi perakitan itu ditambah dengan keunggulan lain. Seperti tampilan gambar dengan tingkat kecerahan yang tinggi, rasio kontras yang ditingkatkan, gambar lebih tajam, keseragaman citra dan efisiensi optik ditambah lensa tembus yang digunakan dalam kacamata itu menciptakan suatu 'augmented vision', yaitu penyusunan lapisan gambar atau grafis, di atas wilayah pandang penggunanya.

"Melanjutkan kesuksesan penyebaran generasi pertama PD-18-1 untuk pertempuran udara, prajurit darat, dan aplikasi perakitan, kami senang bisa merilis generasi berikutnya PD-18-2, yang meningkatkan keunggulan kami ke level baru," kata Eli Gikman, Product line Manager for Professional Applications di Lumus.

Namun, kemungkinan untuk mengarahkan kacamata ini ke pasar konsumen memicu reaksi yang beragam. Ada yang berpendapat teknologi tersebut dapat berguna sebagai GPS portabel, ada juga kekhawatiran bahwa kacamata mutakhir itu membuat orang berjalan tanpa menyadari sekelilingnya.

No comments:

Post a Comment